Saturday, July 25, 2009

Ada ular di rumahku!


Belakangan ini gue sering uring-uringan.
Disuruh jagain rumah lah, masak lah, nggak boleh kemana-mana lah, berasa jadi TKW di rumah sendiri. Sejak eyang pindah ke rumah Ngadisuryan, bokap nyokap menerapkan aturan baru: kalo satu pergi, satu jaga rumah. It means, kalo bokap nyokap gue lagi keluar rumah, gue yang harus jadi herder.

Awalnya sih menyenangkan. You know, di rumah sendiri berasa bebas ngapa-ngapain. Seakan rumah hanya milikku seorang. Tapi lama-lama ngebosenin juga. Soalnya tugas gue nggak cuma jaga rumah, tapi juga termasuk membersihkan seisi rumah (termasuk nyuci, jemur baju, nyetrika, waaaa). Itung-itung latian jadi ibu rumah tangga, kata temen-temen gue. Ckckck

Kemaren, gue pas lagi sebel-sebelnya sama nyokap. Gue sama simbah rencana mau main. Biasa lah, narsis-narsisan sekaligus mau wisata kuliner. Hari sudah ditentukan. Jam dan tempat sudah dibahas. Eeeh, pas hari H, nyokap nggak ngebolehin gue keluar. Malahan gue disuruh bantuin dia ngurusin acaranya yang-agak-aneh-itu. Iih nyebelin banget!!

Nyokap gue lagi make computer, bikin proposal workshop. Sementara gue mau ambil gelas di belakang. Gue denger suara kresek-kresek gitu. Gue pikir kucing. Soalnya kucing-kucing liar udah biasa masuk rumah gue (sialan). Ternyata bukan. Pas gue liat ke deket lemari VCD, ada ular. ULAR! SNAKE! Oh my gosh, gue langsung teriak sekenceng-kencengnya dan lompat ke atas meja. Baru pertama kali ngeliat ular (ternyata kecil tapi mengerikan sekali). Nyokap gue langsung manggil bokap. Tu ular kayaknya bingung nyari jalan keluar. Akhirnya dia cuma ndekem di bawah lemari.

Gue makin panik. Sumpriit, gue takut banget sama ular. Ngeliat gambarnya aja nggak berani. Apalagi ngeliat langsung. Waaaa...

Bokap gue (yang luar biasa berani, menurut gue) mencoba mengeluarkan ular itu dari bawah lemari. Dengan tongkat pramuka ala kera sakti, bokap gue mulai menyodok-nyodok bagian bawah lemari. Sekali, dua kali, akhirnya ularnya keluar. NYARIS MASUK KAMAR (gue nggak bisa ngebayangin apa yang terjadi kalo ular itu sampe masuk kamar. Mungkin gue nggak bakal tidur disana seumur hidup). Ularnya dipukul sekali pake sapu lidi. Belom mati sih. Dia masuk lagi ke bawah lemari.

Bokap gue kembali menyodok-nyodok lemari. Ularnya malah naik ke atas payung (di deket lemari). Gue yang berdiri di atas lemari buku ngeliatin aja. Emangnya ular bisa manjat-manjat? Bahaya dong, ntar kalo dia naik tempat tidur gue.. waaa nggak usah dibayangin deh.

Akhirnya dia mau juga keluar. Abis itu langsung dipukul dengan biadap pake sapu lidi. Si ular jadi almarhumah. Gue masih aja di atas lemari. Dalem ati gue bilang ”may you rest in peace”. Nyokap gue datengin tu ular yang masih kejet-kejet. Wiw.

Lalu bokap gue dengan tenangnya bilang ’cuma ular kayu’. CUMA! CUMA! Ular kayu yang segede bolpen itu bisa bikin gue naik ke atas lemari, apalagi ular yang gede. Bisa-bisa gue pingsan mendadak.

Nyokap gue bersihin bekas TKP si ular, sementara bokap gue buang tu ular ke belakang rumah. Gue masih aja di atas lemari. Shock berat.

Sejak saat itu kayaknya gue agak-agak gimanaa gitu. Takut kalo tau-tau pas gue berdiri trus ada ular nyalip kaki gue. Sampe-sampe gue bawa buku tebel kemana-mana. Berjaga-jaga kalo tau-tau ada ular masuk. Jadi tu buku bisa gue timpuk ke ularnya. Itu hanya imajinasiku, saudara-saudara. Siapa tau. Tapi JANGAN SAMPE!

Selalu ada hikmah dibalik semua peristiwa.
Yang paling penting, kalo ada ular masuk rumah, timpuk aja pake buku yang tebel banget. Kamus misalnya. Atau timpuk pake ember isi tanah. Jangan pake buku yang mahal, seperti harry potter edisi hard cover. Mahal. Anda tidak mau buku anda berhiaskan darah si ular kan?

Oh ya, darah si ular harus cepet dibersihin, karena (menurut orang-orang) ular lain akan berdatangan setelah mencium bau darah itu. Eeuuww...


Ini fakta.
Sebaiknya anda percaya.
Hahaha

0 goodnight kisses: